Rugi Bila Tidak Punya Aplikasi Google Foto

Google Foto Galeri
Tampilan aplikasi Google Photo 

Nyaris semua merek smartphone menyuntik aplikasi galeri foto bawaan yang dikembangkan oleh mereka masing-masing.

Selain itu, mereka juga menawarkan banyak fitur edit foto dan video di aplikasi galeri bawaan. Serta layanan penyimpanan foto dan video di awan secara gratis.

Namun, saya jarang membuka aplikasi galeri bawaan ponsel dan juga tidak pernah memanfaatkan layanan penyimpanan foto dan video di awan yang disediakan oleh pembuat smartphone.

Alasan untuk semua itu, untuk galeri foto dan video, saya lebih menyukai aplikasi Google Foto karena punya banyak fitur menarik, walaupun tidak lengkap.

Sedangkan jasa penyimpanan foto dan video di awan, saya tidak ingin kerepotan punya banyak akun. Sebab saya sudah punya akun email Google favorit dan mengingat kata sandinya dengan baik dari zaman komputer dan laptop.

Nah, akun email Google tersebut telah digunakan untuk login di smartphone saya sampai saat ini dan juga di semua layanan aplikasi online yang dikembangkan oleh Google.

Akibatnya, saya tidak kerepotan, karena saya hanya punya satu akun email untuk login di semua produk Google, seperti Google Foto.

Wajib Punya Aplikasi Google Foto

Sampai detik ini, ada ratusan foto dan video saya telah tersimpan otomatis di awan, aman dan rapi yang dapat diakses di semua perangkat terhubung internet melalui aplikasi Google Foto.

Dan sampai sekarang pun, saya tidak merasa was-was atas foto dan video akan terhapus, akibat ponsel rusak atau hilang. Terima kasih, Google.

Foto dan video dicadangkan dengan aman dan otomatis di awan, itu merupakan salah satu keuntungan menggunakan aplikasi Google Foto dari mencegah foto dan video terhapus.

Keuntungan kedua, media penyimpanan atau memori internal tidak cepat penuh. Ini sangat cocok bagi pengguna ponsel dengan memori internal kapasitas ruang kecil.

Selain itu, aplikasi Google Foto terdapat fitur-fitur edit foto secara otomatis dan manual. Sedangkan fitur edit video, cuma terdapat fitur potong dan stabilkan video goyang.  

Namun, bagaimanapun masih ada banyak fitur menarik yang terdapat di Google Foto.

Kesimpulan: Google Foto sebagai galeri, tapi punya banyak fitur menarik dan bagus pula digunakan untuk membackup atau mencadangkan semua foto dan video di awan.

Dengan begitu, foto dan video tersimpan aman, dapat diakses di semua perangkat pintar dan dimana dan kapan saja, asal tersedia jaringan internet. 

Kabar bagusnya, mencadangkan video dan foto di awan bagi pengguna ponsel memori internal kecil, itu sangat bermanfaat sekali untuk melegakan ruang kapasitas memori internal dan meningkatkan kinerja ponsel.



Comments