Tips Menghemat Kuota Paket Data Internet di Android

browser asus
Tampilan browser Android Asus dan blog loggalau pada smartphone Asus Zenfone 5.

Cara hemat paket data internet di smartphone Android.

Sekarang harga paket internet sudah tidak bersahabat dengan isi dompet, dengan kata lain harganya sangat mahal dengan jumlah kuota  data kecil.

Walaupun sudah berlangganan paket internet Rp10.000-100.000 tetap saja kuota paket data cepat akan habis sebelum waktunya karena jumlah kuota kecil.

Nah, Supaya paket data internet nya tidak cepat habis di ponsel Android, caranya adalah gunakan browser mobile yang sudah mendukung layanan kompresi penghematan data.

Ada begitu banyak browser mobile untuk Android, namun semua pilihan ada di tangan Anda untuk memasang atau tidak menginstallnya.

Saya telah memasang 4 browser mobile di ZenFone 5, kesayangan Aku, yakni:
  1. Browser Asus sudah merupakan aplikasi bawaan smartphone dari Asus, dan Aku selalu memperbaharuinya di Google Play Store. Dan jika Anda sudah melakukan pembaharuan sistem atau update OS Android kitkat 4.4.2 terbaru dan lolipop 5.0, jangan lupa lalukan pembaruan juga browser tadi.
  2. Browser Firefox Mobile
  3. Chrome Google Android
  4. Opera mini lite. File dari aplikasi ini lumayan sangat kecil tapi setidaknya dapat menghemat paket data sekitar 90%.
Khusus untuk browser chrome Google mobile yang sudah tersedia layanan kompresi data internet, tetapi hasilnya kurang begitu signifikan.

Dan walaupun fitur-nya sudah diaktifkan, dan akan sangat terasa, apabila Aku mematikan fitur javascript dan gambar. Cara itu bisa diterapkan di semua browser.

Jika, Anda tidak mematikan fitur javascript, maka akan ada banyak sekali data yang masuk memuat ke ponsel Anda, penyebab kuota data Internet cepat habis.

Dengan hanya mematikan fitur itu, yakni Javascript, maka data yang dikirim ke ponsel cuma berupa teks dan gambar. Dan video akan diblokir.

Selain itu, Jika, Anda ingin menghemat paket data internet secara ekstrim, maka matikan dua fitur yang ada di browser ponsel Anda, yakni gambar dan javascript.

Menghemat Kuota Data Dengan Aplikasi Facebook Lite

Gunakan browser mobile yang bisa menghemat data untuk browsing data terkait pekerjaan atau baca berita, dan jika ingin main facebook gunakan aplikasi Facebook Lite.

Aplikasi ini lumayan jago sekali buat menghemat kuota data Internet hingga 90%, dan selain itu, cara tersebut juga dapat menghemat daya baterai pula.

Dinonaktifkan beberapa dari Aplikasi Google 

Aplikasi Google Foto dan Google Driver, sebaiknya dinonaktifkan karena aplikasi itu selalu online dan tanpa sadar foto dan data di backup secara otomatis.

Itulah cara menghemat data internet secara ekstrim.

Baca juga: Ada beberapa alasan Aku atau Anda butuh power bank

Tips Hemat Kuota Paket Internet Dengan Memanfaatkan Browser Asus

Caranya cukup gampang, buka dan cari setelan di browser Asus, lalu pilih matikan atau lepas centang fitur javascript.

Setelah itu, lakukan browsing seperti biasa dan rasakan kecepatannya, tetapi sayang sekali, bila Anda mematikan fitur javascript, kemungkinan besar Anda tidak dapat mengakses facebook secara normal. Solusinya gunakan facebook lite.

Selamat mencoba.