Cara Mudah Membuat Foto JPG Menjadi File PDF

photo editor PhotoScape
Cara mengubah ukuran lebar gambar di software editor foto, sebaiknya foto ini di download, klik kanan lalu Save AS atau Simpan Gambar Sebagai,

Sekarang lagi musim seleksi pendaftaran Program Keluarga Harapan (PKH) yang diselenggarakan oleh kementerian sosial RI secara online.

Para pelamar harus mengupload atau mengirim file dokumen seperti KTP, Ijazah dan Transkrip nilai hasil scan dengan format PDF.

Selain itu, semua file dokumen format PDF seperti KTP dan Ijazah tidak boleh melewati ukuran 512 Kb.

Permasalahannya file hasil scan tersebut memiliki ukuran file yang sangat besar sekali dan walaupun file PDF tersebut sudah di kompres secara online, hasilnya tidak terlalu memuaskan atau masih berada di atas 1-10 MB.

Selain itu, sudah berbagai macam cara Aku mencoba untuk membuat file PDF agar berada di bawah kapasitas ukuran 512 KB tapi tidak berhasil, seperti kompres file PDF secara online dan cara rumit lainnya.
Ingat bahwa lalukan scan dokumen KTP, Ijazah dan Transkrip nilai ke format JPEG lebih dahulu.
Cara mudah untuk membuat file foto JPG menjadi PDF dengan ukuran file yang tidak lebih dari 512 Kb, sebagai berikut:

1. Siapkan software editor Photo

Siapkan software editor foto seperti PhotoScape atau software editor foto lainnya, asal software tersebut bisa mengurangi ukuran lebar dan tinggi gambar dan juga bisa menurunkan kualitas gambar atau foto.

Solusi terbaik adalah menggunakan software editor foto PhotoScape karena aplikasi itu lebih mudah digunakan dan gratis serta halal. :D Panduan untuk mengubah lebar gambar lihat pada gambar di atas.

Caranya buka software editor photo photoscape, lalu pilih tombol Editor, selanjutnya terbuka laman editor untuk mengedit foto, seterusnya cari file foto yang akan di kurangi ukuran tinggi dan lebar serta kualitas gambar bila sudah ketemu di klik supaya masuk di menu editor foto.

Selanjutnya adalah klik tombol menu Atur Ukuran, selanjutnya terbuka layar menu Atur Ukuran adalah isikan nilai Lebar (Piksel) 900 dan bila sudah di isi tekan tombol Oke. 

Selanjutnya adalah Simpan atau Save.

Lakukan cara diatas diatas untuk mengubah lebar foto lainnya.

Ingat bahwa hanya merubah ukuran nilai Lebar saja, bisa Anda coba memberi nilai 800-1000, namun berdasarkan hasil praktek Aku, nilai lebar 800 dan 900 adalah yang terbaik untuk menghasilkan file PDF dengan ukuran kecil di bawah 512 kb.  

2. Siapkan Word Office 2013 dan office lainnya asal mendukung save ke format PDF

Software ini berfungsi untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu halaman PDF. Cara ini tidak perlu saja ajarkan untuk Anda lagi, sebab panduan cara membuat file PDF menjadi satu halaman bertebaran banyak di internet.

Setelah menggabungkan file foto menjadi satu halaman di dalam office sekarang di simpan ke format PDF dan lihat hasilnya, yang pasti filenya PDF sudah berada di bawah ukuran 512 kb.

Hasil praktek dari Aku membuat file PDF semua berada di bawah ukuran 350 kb. Begitulah cara mudah membuat file PDF di office word 2013 dengan ukuran file tidak lebih dari 512 kb.

Cara lain untuk membuat file PDF dari foto, yakni menggunakan browser chrome di komputer. Caranya buka browser chrome, lalu tekan CTRL+O cari fotonya yang akan di buat menjadi file PDF, setelah ketemu klik dua kali. 

Selanjutnya, tekan CTRL+P lalu ubah save ke PDF. Cara ini cuma hanya cocok untuk membuat file PDF dengan satu foto saja atau tidak dapat menggabungkan beberapa foto menjadi satu file PDF.

Mohon bila tutorial cara membuat file pdf tidak begitu lengkap tapi usahakan untuk pahami dengan baik dari semua penjelasan Aku diatas terutama pada poin nomor satu.

Cara membuat file pdf dari jpg dengan mudah dengan ponsel Android.

Jika Anda tidak punya scan dan punya ponsel android dengan kamera 8 MP, itu sudah bisa Anda jadikan sebagai scan saku. Salah satu aplikasi android gratis untuk scan dokumen adalah office lens, aplikasi scan saku itu dapat Anda unduh di google play store dengan keyword Office Lens.

Cara scan dokumen KTP dan Ijazah serta dokumen lainnya dari ponsel Android langsung jadi file PDF atau format JPEG, yakni gunakan aplikasi android Office Lens. Jika Anda tidak ingin ribet, save saja hasil scan ke format gambar dan baru di edit di Laptop, seperti cara yang sudah Aku jelaskan di atas.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat File Foto Menjadi PDF di Browser Chrome


Comments