Kebiasaan Buruk Membersihkan Kamera Ponsel Dengan Tisu

Kamera hp
Penampakan kamera utama atau belakang pada Asus Zenfone 5 dengan resolusi 8 MP. 

Merawat Kamera Ponsel Android


Saya mempunyai beberapa kebiasaan buruk yaitu membersihkan lensa kamera hp saya dengan tisu.

Akibat kebiasaan buruk tersebut, permukaan lensa kamera belakang ponsel mengalami baret atau goresan kecil dan panjang.

Dan ternyata lensa kamera hp murah sangat mudah tergores, begitu pula sebaliknya layar hp tidak mudah tergores.

Bukan berarti karena menggunakan Gorilla Glass yang anti gores, bukan berarti pula tidak mudah tergores.

Faktanya, banyak sekali goresan-goresan kecil di layar smartphone saya, kemunculan goresan-goresan tersebut seringkali merusak mood saya.

Sekarang saya sudah bertaubat membersihkan lensa kamera hp saya menggunakan tisu.

Kecuali jika tisu tersebut dicelupkan ke dalam air secukupnya saja, agar tidak kasar pada saat menyeka lensa kamera hp agar tidak mudah tergores,

Tips Menyeka Lensa Kamera Smartphone


Saat menyeka lensa kamera dengan tisu basah, lensa kamera ponsel harus menghadap ke bawah, agar air tidak merembes masuk ke dalam ponsel.

Dan tidak disarankan membersihkan lensa kamera hp dengan tisu, kapas atau cotton bud  karena mereka sangat kasar.

Tapi bisa, asalkan semua alat pembersih tersebut diberi air dan/atau minyak kayu putih secukupnya.

Tips membersihkan permukaan lensa kaca kamera hp


Gunakan kain lembut yang biasa digunakan untuk membersihkan permukaan lensa kacamata, namun harus dibersihkan dengan tekanan melingkar yang lembut.

Selain itu, ada juga yang menyarankan untuk menghilangkan goresan di permukaan lensa kamera dengan pasta gigi berwarna putih, bukan gel.

Tips ini sudah saya coba, hasilnya kurang efektif atau sia-sia, jika kaca lensa kamera tergores, maka akan tidak normal lagi.

Dan satu-satunya cara untuk membersihkan lensa kamera agar tidak mudah tergores adalah dengan menggunakan kain khusus yang lembut.

Yang biasanya digunakan untuk membersihkan kacamata.

Nah bagi anda pengguna hp android sebaiknya hindari membersihkan permukaan kotor lensa kamera hp anda dengan tisu kering, kapas dan cotton bud.

Dan ada baiknya Anda membeli kain lembut khusus untuk membersihkan lensa kamera ponsel dan kamera mahal.