Belajar Fotografi Dengan Panduan Rule of Thirds

 Rule of Thirds
Garis kisi yang terdapat pada permukaan kamera ponsel dibuat sebagai panduan dasar dalam fotografi.

Aku sebagai fotografer pemula, dulu sangat buta dengan konsep dan komposisi fotografi. Dan lebih sering main bidik saja untuk pertama kali memiliki ponsel android.

Akibat ketidaktahuan tentang aturan dasar dalam fotografi, semua foto bidikan saya terlihat miring dan jelek.

Padahal dengan mengikuti panduan fotografi, foto bidikan sendiri bisa setara dengan punya para fotografer profesional.

Selain itu, penyebab foto bidikan saya tidak menarik karena salah dalam meletakkan subjek dalam frame, seharusnya diletakkan di sebelah kiri atau kanan.

Dan Aku sungguh malu karena selama ini tidak tahu menahu tentang konsep dan komposisi fotografi, konsep fotografi, seperti Rule of Thirds.

Setelah saya mengikuti panduan dasar fotografi. Foto hasil bidikan saya dengan kamera ponsel tampak menarik, seperti tidak miring. Contoh foto landscape dibawah ini.

lanskap
Landscape ini dibidik dengan kamera ponsel dengan foreground pasir.

Mengenal Rule of Thirds Dalam Dunia Fotografi


Rule of Thirds atau aturan sepertiga, bidang foto dibagi menjadi tiga bagian yang sama besar secara vertikal maupun horizontal, sehingga foto memiliki 9 area yang sama besar. Dengan demikian, foto memiliki pertemuan empat titik (lihat gambar diatas). Dikutip dari Wikipedia.org

Konsep Rule of Thirds sangat berguna dalam fotografi jenis apapun, ia sangat membantu dalam memandu kita untuk gambar dengan komposisi menarik, seperti tidak miring.

Emang enak lihat foto miring. Lihat foto tidak miring dibawah ini, berkat garis kisi diatas permukaan kamera ponsel, saya dengan mudah mengambil gambar landscape dengan komposisi menarik.

landscape
Lanskap laut dengan foreground pasir.

Menurut para fotografer profesional aturan teknik fotografi itu tidak harus selalu diikuti, dengan kata lain, kita boleh melanggar-nya, asal foto terlihat bagus.

Namun, sangat dianjurkan untuk tetap mengikuti panduan dasar fotografi tersebut. Dengan begitu foto bidikan sendiri terlihat menarik.