Bangkrut Ngeblog Dengan Kuota Data di Laptop

laptop
Aku lebih sering menulis dan update artikel dengan ponsel sebab kuota data bisa awet lebih lama.

Aku sering menulis dan update artikel dengan Laptop, yang mana ponsel android dijadikan sebagai modem hotspot.

Alhasil, kuota data Internet cepat habis, ia mengalir deras dengan cepat bagai air sungai, dan waktu menerima gaji dari Google Adsense tiada menentu.

Pekerjaan saya itu bila di ibaratkan dengan kata pepatah ini : Besar Pasak Daripada Tiang. Artinya lebih banyak pengeluaran daripada pemasukan. Oh sedih banget.

Nah, lain hal, bila saya menulis dan update dengan ponsel, kuota data bisa lebih awet dan lama baru habis.

Cuma ada banyak hal yang tidak bisa dilakukan dari ponsel, seperti mengedit template. Selain itu, ngeblog dari ponsel agak memakan banyak waktu, tetapi cukup nyaman.

Beberapa cara nyaman ngeblog langsung dari ponsel Android:
  1. Menulis draft artikel dengan aplikasi Writter Plus.
  2. Publish artikel dan gambar dengan browser Chrome mobile, dan fitur tidak ada perbedaan dengan Chrome laptop.
  3. Crop gambar ilustrasi artikel dengan aplikasi image compress
  4. Upload video durasi pendek tanpa kompres langsung ke youtube.com. 
Dan bagaimanapun ngeblog dengan ponsel sangat nyaman, dan itu bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Serta bisa menghemat kuota data internet.

Saya akui bahwa Smartphone memang tidak bisa menggantikan kehadiran laptop.

Adapun tips cara saya menghemat kuota data internet, ketika browsing dunia maya dengan laptop:
  1.  Memanfaatkan browser Opera dengan mengaktifkan fitur turbo yang berfungsi mengurangi transfer data banyak menjadi sedikit.
  2.  Mengaktifkan fitur Blokir iklan.
  3.  Menjelajah internet hanya untuk mencari ide dan referensi
  4.  Menghindari menonton video YouTube dan video sejenisnya.
  5.  Menghindari mendownload software Online.
Itulah pengalaman saya cara menghemat kuota data internet saat ngeblog di laptop.

Sedangkan untuk menjelajahi dunia maya di android, Aku menggunakan Opera mini.