Cara Mempercepat Loading Blog di Template Blogger

kecepatan blog
Ini adalah kecepatan loading blog Aku yang di uji menggunakan tools pagespeed.

Blog loading berat oleh pengguna dapat memicu mereka kesal dan segera meninggalkan Blog Anda, tetapi sebagai blogger jangan risau sebab ada banyak tips untuk mempercepat loading.

Ada beberapa hal sebagai penyebab Blog loading berat di sebuah browser laptop dan ponsel pintar, dan akan semakin parah bila dibuka pada jaringan lambat dan setengah lambat.

Penyebab utama blog loading berat karena ada permasalahan pada template, yakni ada beberapa kode link internal CSS dan link Widget Javascript yang sengaja di sembunyikan oleh pihak blogger.com dan tidak bisa dihapus.

Kode itu hanya dapat dilihat oleh blogger melalui sumber kode Blog nya, caranya adalah tekan CTRL+U atau klik kanan diatas blognya lalu pilih View Page Source untuk melihat kode sumber template.

Inilah kode link widget CSS internal dan Javascript yang disembunyikan oleh pihak blogger sebagai penyebab Blog menjadi lambat ketika di akses oleh pengunjung

Ini link aktif widget CSS Bundle misterius yang di sembunyikan oleh pihak blogger yang tidak bisa di temukan di dalam kode template penyebab loading blog menjadi berat.

pagespeed
Ini link aktif widget js dan plusone js penyebab blog loading berat yang juga tidak bisa di temukan di dalam template.

Solusi atau cara jitu untuk mempercepat loading blog Blogspot tanpa javascript, yakni Anda harus menonaktifkan atau memblokir link eksternal tersebut.

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah backup lebih dulu template Blog nya.

Cara kedua adalah memblokir link eksternal desain template blogger.

Pilih salah satu lalu copy kode di bawah ini, dan paste di atas kode  <b:skin>
<noscript><style></style></noscript>
&lt;style id=&#39;page-skin-1&#39;type=&#39;text/css&#39;&gt;
Cara ketiga, yakni memblokir widget javascript.

Copy kode di bawah ini, lalu paste diatas kode </body>
&lt;style id=&#39;page-skin-1&#39;type=&#39;text/css&#39;&gt;
Selanjutnya Save atau simpan, selanjutnya lagi lihat kode sumber blog Anda, bila sudah link tersebu sudah tidak biru, itu berarti sukses memblokir link tersebut penyebab blog loading berat.

Selanjutnya laig lakukan pengujian atau test untuk mengetahui kecepatan Blog Anda dengan tools google pagespeed.

Ingat bahwa dengan memblokir kode link widget CSS, kemungkinan desain Blog Anda akan terlihat berantakan.

Dan juga dengan memblokir kode link widget Javascript akan ada banyak gadget atau widget default blogger menjadi mati atau tidak aktif sebagaimana mestinya.

Widget yang aktif cuma popular post, namun jangan risau, sebab di luar sana ada bertebaran puluhan widget keren pihak ketiga untuk meningkatkan page view blog nya, seperti Recent Post, Random Post dan sebagainya.

Demikianlah itu cara sederhana untuk mempercepat loading Blog blogspot atau blog yang pakai TLD di blogger.com dan semoga bermanfaat.