8 Cara Muda Menghemat Baterai Android

baterai boros
Mematikan berapa fitur yang tidak diperlukan di ponsel android Anda, itu setidaknya dapat menyelamatkan daya baterai ponsel.

Tips Cara Muda Menghemat Baterai Ponsel Android


Berada di rumah bukan sebuah masalah, dan lain hal bila berada di luar rumah. Kehabisan daya baterai ponsel saat sedang bepergian bisa menjadi masalah.

Sebenarnya ada banyak hal sebagai biang keladi dari daya baterai ponsel android cepat habis atau boros.

Supaya baterai ponsel nya tidak cepat habis, yang perlu dilakukan adalah mematikan beberapa dari fitur bawaan ponsel bila sedang tidak digunakan.

Adapun tips cara menghemat Baterai Android dengan Efektif, sebagai berikut ini:

1#. Nonaktifkan Fitur Lokasi


Fitur ini nyaris ada di semua ponsel android, sebaiknya fitur pelacak lokasi di matikan saja, bila tidak begitu penting bagi Anda.

Fitur pelacak lokasi sering bekerja 24 jam nonstop di belakang layar ponsel adalah sebagai biang keladi daya baterai cepat habis.

2#. Sinkronisasi


Ini adalah salah satu fitur yang bisa dibilang tergolong rakus (boros( daya baterai. Fitur ini akan selalu terhubung ke internet untuk semua aplikasi online. 

Maka, sebaiknya fitur ini dimatikan saja, Anda dapat mengecek semua aplikasi online secara manual di browser mobile android, seperti email.

Selain itu, fitur ini juga sebagai biang keladi pulsa reguler atau paket data internet cepat habis.

Sebab fitur itu akan sinkronisasi otomatis setiap kegiatan kita di ponsel ke internet, seperti foto yang baru diambil dari kamera ponsel akan otomatis  masuk ke akun Foto Google.

3#. Data Seluler


Fitur ini memang sangat berguna bagi Anda yang hobi online untuk dapat terus terhubung ke internet. Tetapi bila jarang online, maka sebaiknya fitur ini di matikan saja.

Dan aktifkan bila dibutuhkan kembali.

4# GPS


Ini teknologi pintar sebagai alat navigasi, penting bagi orang yang bepergian di kota-kota besar, tetapi bila kamu cuma menetap di dalam rumah atau tidak bepergian luar kota.

Matikan saja fitur tersebut.

5# Bluetooth


Ini sama hal dengan data seluler, aktifkan hanya bila dibutuhkan untuk transfer data dari ponsel ke laptop atau sesama ponsel.

Dan matikan segara bila tidak diperlukan lagi.

6# Turunkan Kecerahan Layar


Semakin tinggi mengatur tingkat kecerahan layar ponsel android Anda, maka semakin besar daya baterai yang dibutuhkan juga. 

Jadi, lebih baik turunkan sedikit tingkat kecerahan layar ponsel dengan menyesuaikan dengan kemampuan penglihatan Anda.

7#. Wi-Fi


Fitur ini memang berguna, ketika ada sinyal wifi di rumah atau tempat umum asal gratis.

Aktifkan bila di perlukan dan matikan bila tidak dipakai lagi.

8#. Hapus Aplikasi Android yang tidak penting atau jarang digunakan


Aku sebagai pengguna ponsel pintar android tidak banyak memasang aplikasi android dan cuma memasang aplikasi penting menurutku.

Bagi Anda yang sudah terlanjur memasang banyak aplikasi dan sudah jarang dipakai,

Maka sebaiknya dihapus saja aplikasi tersebut.

Itu bertujuan untuk menjaga performa ponsel tetap prima dan menghemat baterai ponsel Anda.

Tips tambahan: supaya ponsel tidak terus bekerja keras, tidak cepat panas pula, dan hemat baterai, sebaiknya tidak menyimpan banyak data di ponsel, seperti video, MP3, dan Foto.