7 Tips Memilih Ponsel Android Baru

asus zenfone
Ini Ponsel Asus ZenFone 5 punya Aku dengan kamera belakang 8 MP dan belum mendukung jaringan 4G tapi memiliki RAM 2 GB.

Apakah Anda berkeinginan untuk membeli ponsel pintar android baru? 

Jika Ya, baca terus artikel ini sampai habis biar kamu menjadi pandai memilih smartphone untuk diri sendiri, teman, dan kerabat.

Dan tidak menyesal di kemudian hari. Selain itu, pilih ponsel  harus sesuai dengan kebutuhan dan harus pintar-pintar pilih, teliti dan sabar sebab cari smartphone ibarat mencari pasangan hidup yang serasi, kalau cocok pasti bisa terus hidup bersama.

Sebelum memutuskan untuk pergi ke toko smartphone untuk beli ponsel favorit kamu.

Sebaiknya kamu kuatkan iman dan jaga mata. 

Apa pasal? takutnya nanti kamu tergoda sama paras cantik atau ganteng-nya, para sales ponsel dan menuruti bujukan mereka untuk beli ponsel lain yang bukan menjadi pilihan kamu.

Sekali lagi, kuatkan iman kamu dan hindari membeli ponsel pintar dengan harga murahan banget sebab kualitas dan kinerja akan mengecewakan kamu untuk selamanya.

Nah, ini dia 7 tips memilih ponsel android baru dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:


1#. RAM 2 GB atau lebih


Anda harus tahu bahwa rata-rata dari aplikasi android sangat boros penggunaan RAM terutama aplikasi sosial, sepeti BBM, Whatsapp, Instagram, Line, Path dan sebagainya yang dapat menyebabkan ponsel macet.

Bila beli ponsel android dengan RAM 2 GB atau lebih, maka ponsel kamu sudah bisa multi tasking dalam arti bisa berlari tanpa rintangan.

Dan atau mampu menjalankan beberapa aplikasi sosial tersebut dan aplikasi lainnya secara bersamaan tanpa menyebabkan ponsel kamu mati karena kehabisan tenaga.

Kesimpulannya, berdasarkan pengalaman Aku yang menggunakan ponsel android Asus ZenFone 5 dengan RAM 2 GB, ini sudah lebih dari cukup dan itu pun ponsel Aku jarang mengalami kehabisan tenaga.


2# Mendukung Jaringan 4G


Tahun 2015 ke bahwa adalah era berakhirnya masa depan jaringan seluler 3G di Indonesia.

Bahkan kecepatan internet-nya kurang stabil, setengah cepat, dan jarak jangkauannya pun sangat terbatas. 

Sekarang masanya jaringan super cepat, yakni jaringan 4G yang hadir menawarkan kecepatan internet lebih stabil dan jarak jangkauan agak luas.

Kesimpulannya adalah pilih smartphone atau ponsel pintar yang sudah mendukung jaringan 4G.

3# Kamera 13 MP

Ini tak kalah menarik, kamera dengan resolusi besar bisa menghasilkan foto dengan kualitas terbaik dan detail.

Ketika di edit dan cetak dijamin, hasilnya cukup memuaskan atau tidak akan mengecewakan kamu.

Kesimpulannya adalah pilih smartphone dengan kamera 13 MP, jika dana terbatas ponsel dengan kamera 8 MP sudah lebih dari cukup, asal tetap berpedoman dengan RAM 2 GB atau lebih serta dukungan jaringan 4G.

4# Memori Internal 8-32 GB

Ada beberapa produsen ponsel pintar tidak menyediakan slot memori eksternal.

Tapi membekali-nya dengan kapasitas memori internal yang cukup lapang atau besar dan sebagian lagi menyediakan slot memori eksternal.

Kesimpulannya: terserah Anda memilih ponsel yang memiliki kapasitas memori, tapi kalau menurut Aku, sebaiknya beli ponsel yang menyediakan kapasitas memori internal 16 GB atau lebih dan tersedia slot memori eksternal untuk menyimpan data penting kamu agar orang lain tidak mengintip dan mencurinya.

5# Daya Baterai

Sampai saat ini yang masih menjadi permasalahan klasik dari ponsel android, yaitu boros daya baterai.

Itu sebabkan karena ada beberapa aplikasi selalu online atau terhubung ke internet 24 jam dalam sehari.

Dan terdapat puluhan aplikasi yang berukuran besar yang berjalan dibelakang layar ponsel, tapi bisa di atasi dengan menonaktifkan dari beberapa aplikasi tersebut agar kesehatan baterai tetap awet.

Kesimpulannya: tidak mengapa kamu beli ponsel baru dengan daya baterai diatas 2000 mAh dengan syarat beli powerbank seukuran kartu kredit dengan begitu ketika bepergian Anda tidak direpotkan untuk mencari colokan listrik.

6# Harga Ponsel

Harga barang menentukan kualitas, tapi tidak semua ponsel berkualitas bersandar pada harga. 

Jadi beli ponsel sesuaikan dengan keuangan Anda dengan tetap berpatokan seperti yang telah Aku jelaskan semua diatas.


7# Beli Ponsel di Toko Terpercaya


Pastikan Anda mendatangi toko terpercaya untuk mencegah kemungkinan dari membeli ponsel supercopy atau palsu karena ponsel tiruan tersebut menggunakan nomor EMEI yang berbeda dan spesifikasi jauh berbeda dari ponsel asli.

Tips tambahan dan bermanfaat: hindari membeli smartphone atau ponsel yang menawarkan harga murah di jejaring sosial, seperti facebook.com dan di blog yang memakai embel-embel namablog.blogspot.com atau namablog.googleblog.com dan situs online abal-abal atau kurang terpercaya. 

Belanja online aman, hanya lakukan bayar di tempat dan bayar tunai, hanya jika belanja di situs belanja online yang sudah terpercaya. 

Tetap waspada, sudah banyak kejadian orang tertipu belanja ponsel online dan produk lainnya.
Tolong Share artikel ini kepada teman dan saudara kamu, jika Anda merasa sangat bermanfaat. Terima kasih.


Comments