Toncontin Airport, Bandara Eksentrik di Republik Pisang

toncontin airport
Unjung landasan pacu bandara ini terdapat lereng gunung sehingga berbahaya bagi pesawat yang melakukan pendaratan akhir untuk mencapai landasan pacu, tapi sekarang lereng itu telah dihapus.

Toncontin Airport. - Bandara unik ini dikelilingi oleh pegunungan dan kabut. Itulah mengapa bandara umum dan militer ini masuk sebagai salah satu dari bandara paling berbahaya di dunia. Bandara ini berada di Republik Honduras. Republik Honduras adalah negara penghasil pisang terbesar di dunia, itulah mengapa negara ini dikenal dengan nama Republik Pisang.

Sebelumnya bandara eksentrik yang dikelilingi gunung ini pada salah satu unjung landasan pacunya dengan panjang 2021 sebelumnya 1090 meter untuk pendaratan pesawat berdekatan sekali dengan lereng gunung sehingga membahayakan pesawat yang akan melakukan pendekatan pendaratan, tapi sekarang lereng gunung itu telah di hapus atau di telah ratakan. Lereng yang  telah di hapus bisa dilihat pada gambar dibawah.

Tapi bagaimanapun bandara ini masih tergolong berbahaya karena di keliling oleh gunung yang sering berkabut dan seperti terperangkap dalam sebuah mangkuk dan bahkan di depan landasan pacu lepas landas terdapat gunung yang tinggi.

Bandara internasional ini nyaris mirip dengan bandara Lukla di Nepal yang dikelilingi pegunungan berkabut tebal.

bandara toncontin
Lereng yang menggangu pandangan pilot telah di hapus atau telah diratakan sehingga tidak lagi membahayakan pesawat yang melakukan pendekatan pendaratan.

Baca Juga : LUKLA AIRPOT, BANDARA EKSENTRIK DIKELILINGI GUNUNG HIMALAYA

Comments