Taj Mahal, Monumen Megah Yang di Bangun Atas Nama Cinta

Taj Mahal adalah sebuah makam besar dan paling megah yang pernah ada di dunia yang di bangun atas nama cinta.

Monumen sebagai mausoleum (makam mewah) paling megah dan terkenal di dunia ini berdiri dengan kokoh di negara India, yaitu Taj Mahal. Lokasi monumen megah ini berada di Arga, India. 

Arga adalah sebuah kota kuno yang berada di Uttar Pradesh, Uttar Pradesh adalah salah satu wilayah paling luas dengan populasi tertinggi dari negara bagian India yang memiliki perbatasan dengan negara Nepal.

Arga terkenal sebagai kota kuno yang berada di sungai Yamuna dan di sinilah berdiri sebuah monumen paling megah, yakni Taj Mahal. 

Sosok bangunan Taj Mahal sendiri serupa dengan bangunan mesjid tapi adalah sebuah makam nan megah yang pernah di bangun pada zaman kuno, bangunan yang di penuhi marmer putih ini di bangun untuk mengenang seorang wanita cantik bernama Mumtaz Mahal.

Siapakah itu Mumtazh Mahal? Mumtazh Mahal adalah seorang wanita cantik asal Persia bernama asli Arjumand Banu Begum. Wanita ini adalah seorang permaisuri ketiga dari raja Mughal, yaitu Shah Jehan.

Nama Mumtazh Mahal adalah julukan buat Arjumand Banu Begum yang memiliki arti Permata Dalam Istana. 

Mumtaz Mahal menikah dengan kaisar Shah Jehan pada usia sangat muda sekali, yaitu 14 tahun dan melahirkan 14 orang anak, tapi sayang, ia meninggal saat melahirkan anak terakhir atau yang ke-14 karena komplikasi.

Sepeninggal Mumtaz Mahal, Raja Shah Jehan sangat berduka sekali karena Mumtazh Mahal adalah sosok istri yang paling cantik dan di cintainya walaupun dia memiliki dua istri lainnya, yaitu istri pertama dan kedua.

Setelah berduka cita dalam waktu yang cukup lama. Raja mulai bangkit dan bersumpah bahwa ia tidak akan menikah lagi dan untuk mengenang istri terkasihnya, Mumtaz Mahal, raja mengintruksikan bawahannya untuk membangun sebuah bangunan megah sebagai penghargaan untuk istrinya, bangunan itu adalah Taj Mahal.

Monumen megah dipenuhi marmer putih ini telah di klaim sebagai warisan dunia oleh UNESCO dan situs ini paling sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara karena kemegahannya dan kisah ceritanya yang indah.

Taj Mahal di bangun selama 22 tahun dan melibatkan 20 ribu orang. Bangunan ini terdapat banyak permata yang didatangkan dari berbagai negara seperti berlian, emas dan lain-lain.

Inilah 10 Fakta menarik dari Taj Mahal.
  1. Monumen Taj Mahal adalah salah satu dari tujuh keajaiban di dunia
  2. Bangunan Taj Mahal sebelumnya adalah makam bagi Arjumand Banu Begum (Mumtaz Mahal) yang berada tepat di tengah monumen megah itu, setelah raja Shah Jehan meninggal, ia ikut di kebumikan di samping kanan dari makam Mumtazh Mahal. Itulah mengapa makam raja tampak tidak simetris.
  3. Pengerjaan bangunan Taj Mahal melibatkan 20 ribu orang dari berbagai negara.
  4. Melibatkan puluhan gajah dan hewan lainnya
  5. Bangunan ini selesai berdiri setelah menghabiskan waktu dua dekade lebih, yaitu 22 tahun.
  6. Sebanyak 43 permata mahal membalut bangunan megah berwarna putih itu.
  7. Bangunan megah itu di bangun atas nama cinta sejati.
  8. Monumen Taj Mahal telah diklaim sebagai warisan dunia oleh UNESCO.
  9. Taj Mahal adalah salah satu lambang adi karya arsitektur kuno termegah yang pernah di bangun pada masa lalu dimana teknologi masih minim.
  10. Taj Mahal adalah salah satu makam istri raja terbesar dan termegah di dunia.


Comments