Svalbard Airport, Bandara Eksentrik Duduk di Samudra Arktik

Svalbard Airport, Bandara unik
Pemandangan bandara Svalbard dari udara, bandara ini akan tertutup salju ketika masuk musim dingin.

Svalbard Airpot. – Sebuah bandara unik yang duduk manis paling utara di dunia di sebuah pulau kecil di poros bumi bagian utara, yaitu Svalbard Airport, Norwegia, apa yang paling mencolok atau yang paling sering terlihat di belahan utara atau poros utara dari dunia ini?,

Ya Salju dan gletser dan angkah kepah, beruang putih atau beruang kutub atau beruang salju dengan berat tubuh bisa mencapai 300-400 Kg dengan tinggi badan 2 meter lebih serta masih banyak hewan uniknya lainnya yang mendiami daerah yang ada di poros bumi bagian paling utara di dunia tersebut.

Pembangunan bandara eksentrik yang sering di tutupi salju di benua penuh salju ini membutuhkan waktu selama 3 tahun yang di bangun tahun 1972 dan selesai tahun 1975. Letak bandara eksentrik ini berada di pulau Svalbard, Longyear, Norwegia.

Walaupun disana ada banyak salju pada musim dingin tapi landasan pacu dengan panjang 2483 meter di bandara eksentrik ini memiliki aspal hitam kuat, apa yang terjadi ketika salju menutupi landasan pacu bandara itu, ya tentu saljunya harus di bersihkan agar pesawat dapat mendarat dan lepas landas dengan mulus.

bandara unik, Svalbard Airport
Bandara Svalbard memasuki musim panas

Bandara eksentrik ini mulai populer pada tahun 2001 untuk menuju kepulauan Svalbard dengan jumlah penduduk yang tak mencapai 3 orang ini tersedia penerbangan terjadwal dan telah menjadi titik wisata paling ekstrim bagi traveler nekat untuk adu nyali menghadapi suhu dingin yang ekstrim dan atau menghadapi siang tanpa malam atau sebaliknya sekaligus tempat yang indah untuk melihat hewan yang tinggal di poros bumi itu.

Kata Svalbard sendiri berarti tepi yang dingin, pada kenyataannya kepulauan yang di Svalbard berada pada poros bumi paling utara atau di tepatnya di samudra arktik yang dikeliling 60% salju dan glester dan disini pula banyak berdiri kamp penelitian. Hal yang paling unik di sini, yaitu masalah sarana transportasi yang mana tidak ditemukan jalan raya yang menghubung setiap pemukiman penduduk, transportasi yang digunakan cuma berupa kapal, pesawat, helikopter, dan mobil salju.

Bandara unik lain yang duduk manis jauh dari samudra Arktik atau tepatnya di samudra hindia, yaitu Ibrahim Nasir Airport.

beruang kutub
Beruang kutup dengan anaknya adalah salah satu hewan mencolok yang mendiami samudra Arktik.

Baca juga: HECHI JINCHENGJIANG AIRPORT, BANDARA EKSENTRIK DI PUNCAK GUNUNG

Comments