Sentani Airport, Bandara Eksentrik di Jayapura, Indonesia

sentani airport
Citra satelit menunjukkan bandara sentani dan danau sentani terbesar di Jayapura, Indonesia Pulau Papua.

Sentani Airport
, - Bandara unik yang sudah bertaraf internasioal ini berada di kota Sentani, Jayapura, Indonesia di pulau Papua. 

Sentani adalah sebuah wilayah yang merupakan ibukota Kabupaten Jayapura, Papua, Indonesia dan sekaligus nama dari sebuah danau terbesar di pulau Papua, yakni Danau Sentani. Danau Sentani berjarak 50 Km dari Kota Jayapura.

Panjang landasan pacu yang ada bandara Sentani, yaitu 2500 meter, itu lumayan panjang dan sudah pasti bisa disinggahi oleh pesawat sipil komersial berbadan besar.

Dan selain itu di bandara ini juga terbilang aman dari masalah geografis.

bandara sentani dan danua sentani
Citra Satelit danau sentani dan bandara internasional sentani di Jayapura, Indonesia.

Keunikan bandara ini bukan karena landasan pacunya pendek atau dikelilingi gunung tinggi atau apalah.

Tetapi di bandara indah yang berdekatan dengan danau Sentani ini terdapat tanda larangan yang sangat eksentrik sekali yang tak dapat Anda ditemukan di bandar udara diseluruh dunia.

Tanda larangan itu adalah “Dilarang Makan Pinang” larangan ini mengimbau kepada warga Papua agar tidak makan pinang di dalam bandara atau sekitar bandara untuk mencegah mereka membuang sari pinang atau ludah pinang sembarangan.

Dan sebelum ada larangan ini, dulu bandara sentani sangat jorok sekali karena dipenuhi bercak-bercak merah (sari pinang) yang bertebaran diberbagai sudut bandara ini.

Sebuah tanda larangan bertuliskan "Dilarang Makan Pinang" ini berada di bandar udara Internasional Sentani, Jayapura.

Kebiasaan orang makan pinang di Papua memang sudah menjadi budaya mereka secara umum dan sudah turun-temurun, dan mereka (orang) Papua masih saja makan pinang, walaupun lagi berada di luar daerah mereka, seperti teman kuliah Aku asal Papua di Bandung.

Nyaris dari mereka semua masih makan pinang, bahkan dalam kelas kuliah sekalipun pun mereka masih makan pinang dan duduk dekat jendela pula agar mudah membuang ludah pinang. :D