Gilbraltar Airport, Landasan Pacu Bandara Ini Membelah Jalan Raya

Gilbraltar Airport
Bandara Internasional Gibraltar adalah satu-satunya bandara besar di dunia (kelas A) yang dilintasi oleh jalan raya bernama Winston Churchill Avenue dan di jalan ini pula adalah satu-satunya jalan menuju ke negara Spanyol.

Gilbraltar Airport. – Gibraltar adalah sebuah wilayah kecil di negara Inggris Raya yang berbatasan dengan negara Spanyol. Gibraltar tepatnya adalah sebuah semenanjung kecil dengan luas hanya 6,8 kilometer persegi terletak di sebelah selatan Spanyol dan di sinilah terdapat bandara eksentrik, yaitu Gilbraltar Airport.

Landasan pacu di bandara ini membelah atau memotong jalan raya dan salah satu dari unjung landasan pacunya berada di laut hasil dari reklamasi pantai, setiap kali pesawat akan turun atau mendarat dan lepas landas di bandara ini pada kedua sisi jalan rayanya harus di blokir seperti palang perlintasan kereta api selama 5-10 menit sehingga bandara ini terkesan unik dan berbahaya dari bandara lainnya yang ada di dunia.

Kenapa bandara itu harus membelah jalan raya, hal itu terjadi karena keterbatasan lahan dan bahkan untuk memperpanjang landasan pacu di bandara ini harus mereklamasi pantai agar pesawat berukuran besar bisa lepas landas dan mendarat di sini. Ternyata sebelumnya bandara kelas A ini adalah milik kementerian pertahanan Inggris Raya tapi sudah di izinkan untuk penerbangan sipil Spanyol dan Inggris Raya.

Bandara Gilbraltar secara umum tidaklah terlalu berbahaya cuma unik saja, yang membuat unik di bandara ini, yaitu landasan pacu memotong jalan raya. Tidak seperti bandara eksentrik lain yang di pengaruhi oleh faktor geografis sebut saja salah satu bandara eksentrik itu adalah Funchal Airport atau bandara yang di Pulau Saba.

Comments