Congonhas Airport, Bandara Eksentrik Duduk di Jantung Kota

congonhas airport
Landasan pacu Congonhas, bandara domestik ini di kelilingi bangunan pemukiman dan jalan raya.

Bandara internasional dan domestik pada umumnya mereka duduk manis jauh dari kesibukan pemukiman penduduk padat, tapi tidak bagi sebuah bandara yang berada di Brazil, yakni Congonhas Airport. Bandara yang terletak di sebuah jantung kota ini sudah di kepung pemukiman penduduk padat dan bangunan komersial.

Bandara eksentrik ini sudah nobatkan sebagai bandara yang mengerikan karena bandara ini sudah di kepung oleh banyak bangunan perumahan penduduk dan komersial, bandara ini walaupun sudah bertaraf internasional dengan panjang landasan pacu 1940 meter tapi hanya di pergunakan untuk penerbangan domestik saja.

Kata orang di bandara ini pemandangannya sangat unik, penumpang dapat melihat bangunan pemukiman dan komersial yang mengelilingi bandara tersebut, walaupun ekstrik tapi bagi pilot adalah ekstrim banget sehingga mereka sangat berhati-hati sekali ketika akan mendarat dan lepas landas di sini.

Ternyata di bandara eksentrik ini pernah terjadi kecelakaan pesawat terbesar yang sungguh memilukan pada tahun 2007. Kecelakaan itu melibatkan salah satu pesawat milik maskapai TAM Linhas Aereas yang tergelincir ketika mendarat dan padahal nyaris selamat tapi apa daya panjang landasan pacu bandara ini tidak sanggup menahan lajunya pesawat Airbus A320-233.

Ironisnya, pesawat kemudian tergelincir dan menabrak kantor TAM Linhas Aereas dan meledak dilaporkan banyak penumpang hangus yang masih duduk di tempat masing-masing ketika di keluarkan dan beberapa penumpang di darat terutama di kantor TAM juga ikut menjadi korban. Atas insiden memilukan ini dan setidaknya 200 orang tewas, 176 penumpang dan 24 orang di darat serta 12 orang mengalami cidera.

Nonton video sebuah pesawat yang melakukan pendekatan pendaratan ke bandara Congonhas terbang melewati pemukiman padat di bawah ini:



Baca juga: MENONTON KESERUAN TURIS MELIHAT PESAWAT TERBANG RENDAH DI MAHO BEACH

Comments