Cara Menghemat Daya Baterai Android di Ponsel Asus ZenFone

hemat baterai asus zenfone
Inilah adalah penampakkan sisa daya baterai di ponsel Asus ZenFone 5.

Cara Hemat Baterai Andorid. - Smartphone Android memang boros daya dan cepat panas pula, tapi bagaimanapun selalu ada solusi atau pemecahan masalah agar ponsel android tidak cepat panas dan boros daya baterai. Intinya pintar-pintarlah menggunakan ponsel Anda secara bijaksana.

Aku adalah salah satu orang pengguna ponsel pintar Asus ZenFone 5, ponsel ini bagaimanapun memang boros daya baterai dan cepat panas tapi sudah Aku atasi agar tidak boros baterai seperti melakukan pembaruan aplikasi yang Aku rasa sebagai aplikasi yang sangat penting, jika aplikasi itu tidak penting, maka Aku biarkan untuk tidak melakukan pembaruan.

Lalu, bagaiaman solusi agar ponsel pintar Asus Zenfone tidak boros daya dan cepat panas, yaitu jangan di operasikan, itu hanya candaan saja. Ada banyak solusi untuk mengatasi baterai boros dan cepat panas pada ponsel Asus seri ZenFone.

Solusi menghemat baterai dan cegah ponsel cepat panas, sebagai berikut:
  1. Aturlah Tampilan Layar ponsel secara AUTO dan sebaiknya fitur ini selalu diterapkan di ponsel Android Anda.
  2. Selalu update atau lakukan pembaruan aplikasi bila ada aplikasi bawaan dari Asus zenfone dan google yang meminta izin untuk melakukan pembaruan karena pembaruan itu dilakukan untuk membantu peningkatan aplikasi dan juga menambah beberapa fitur baru yang keren, meningkat kinerja ponsel dan juga untuk mengatasi masalah dari beberapa aplikasi sebagai pemicu boros daya baterai.
  3. Instal atau pasang aplikasi hanya buatan dari Asus Zenfone dan Google saja karena itu adalah gratis dan bagaimanapun aplikasi android buatan Asus dan Google sudah mewakili semua aplikasi yang ada di play store google.
  4. Jangan keseringan main Game.
  5. Jangan keseringan nonton video online.
  6. Jangan keseringan memutar MP3
  7. Jangan keseringan selfie, selfielah pada momen penting yang tak terlupakan saja, tapi itu terserah Anda.
  8. Jangan keseringan online agar hemat paket data internet dan baterai.
  9. Hindari memasang atau menginstal aplikasi penghemat baterai android dari pihak ketiga, unjung-unjung aplikasi itu selalu terhubung ke internet sebagai penyebab boros baterai dan paket data internet. Dan bagaimana pun ponsel asus zenfone sudah menyediakan fitur pengaturan hemat baterai.
  10. Jangan main ponsel ketika sedang melakukan pengisian ulang daya baterai karena itu dapat menurunkan daya tahan baterai dan pemicu ponsel sangat panas.
  11. Nonaktifkan aplikasi yang tidak bisa di hapus agar tidak terhubung ke internet, seperti aplikasi cuaca, maps, Google Film, Google Play Kios dan beberapa aplikasi punya google lain yang di rasa tidak diperlukan atau tidak penting bagi Anda, maka sebaiknya di nonaktifkan saja.
  12. Matikan fitur Lokasi sebab aplikasi ini selalu melacak lokasi dimana Anda berada yang selalu terhubung ke internet.
  13. Matikan Fitur Sinkronasi Otomatis sebab fitur ini selalu terhubung ke internet sehingga bisa membuat daya baterai terkuras dan boros paket data internet.
  14. Saat tidur di malam hari aktifkan fitur Mode Pesawat atau Offline
  15. Matikan fitur getar karena ini butuh daya baterai juga bila di matikan dapat menghemat baterai.
  16. Bila sedang main game atau menggunakan aplikasi offline punya pihak ketiga yang di unduh dari play store google sebaiknya unduh juga aplikasi opera max dan kelola aplikasi pihak ketiga itu di aplikasi Opera Max agar tidak terhubung ke internet sehingga Anda dapat hemat paket data internet dan daya baterai.
  17. Matikan fitur Data Seluler kalau sedang tidak online
  18. Matikan fitur WiFi dan Bluetooth kalau tidak di operasikan lagi
  19. Hapus aplikasi pihak ketiga yang jarang di operasikan
  20. Main facebook dan twitter sebaiknya hanya di operasikan melalui browser chrome mobile, opera mobile dan firefox mozilla mobile dengan begitu Anda tidak harus memasang aplikasi tambahan selalu online 24 jam.

Beberapa cara hemat paket data internet dan daya baterai diatas dapat juga diterapkan di ponsel android merek lainnya atau di OS sistem android kitkat dll. Ingat bahwa semakin sedikit aplikasi yang terpasang di ponsel, maka ponsel Anda akan bekerja ringan dan awet serta hemat baterai. Jadi pasanglah aplikasi penting-penting saja dan hapuslah yang tidak perlu dan nonaktifkan atau matikan aplikasi yang tidak dapat di hapus.

Comments